Selasa, 14 Juli 2015

7 Langkah Menghindar Kista Mata Disebabkan Lensa Kontak



7 Langkah Menghindar Kista Mata Disebabkan Lensa Kontak. Lensa kontak atau softlens memanglah jadi pilihan yang menarik untuk pasien masalah pandangan. Terkecuali praktis, juga lebih fashionable. Tidak tidak sering, pilihan warna yang menarik bikin orang-orang memakainya sebatas untuk membuat cantik tampilan. Tetapi, dibalik kepraktisan serta keindahan tampilan, nyatanya lensa kontak dapat beresiko untuk kesehatan mata. Penggunaan yang asal-asalan dapat menyebabkan infeksi dari mulai terserang jamur, kuman, virus, serta yang paling ditakuti yaitu infeksi achantamoeba. Menurut dr. Winarno Sp. MK, dokter spesialis mata RSUP Kariadi Semarang, infeksi achantamoeba adalah salah satu type infeksi yang paling susah diatasi.




KISTA MATA

Achantamoeba adalah kista yang menyerang kornea mata. Disamping itu, kornea mata sangatlah utama fungsinya untuk melanjutkan cahaya yang masuk lewat bola mata ke saraf mata atau retina. Waktu berlangsung infeksi, sinar yang masuk jadi terganggu serta mengakibatkan pandangan juga turut terganggu. Infeksi jadi makin beresiko bila menyerang kornea sentral atau sisi tengah. Efek paling kronis sudah pasti kebutaan. Hanya satu langkah untuk kembalikan pandangan juga dikerjakan dengan cangkok kornea.

Dr. Winarto memberikan, infeksi lain juga beresiko. Umpamanya jamur, penyembuhan yang dikerjakan untuk kembalikan pandangan yang kabur juga cukup lama. Untuk meredakan gejalanya saja hingga tiga minggu serta itu juga masih tetap meninggalkan bercak putih.

MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBATI



Lensa kontak pada intinya aman dipakai bila dipakai lewat cara yang benar. Di bawah ini beberapa langkah yang baiknya dikerjakan saat sebelum serta sepanjang penggunaan lensa kontak menurut dr. Winarno :

Kerjakan kontrol terlebih dulu pada dokter Spesialis Mata. Saat sebelum mengambil keputusan untuk memakai lensa kontak, baiknya memeriksakan keadaan mata terlebih dulu pada dokter spesialis mata untuk tahu tanda-tanda kontra untuk pengguna. Umpamanya, untuk yang mempunyai mata kering akan tidak dianjurkan memakai lensa kontak. Demikian juga untuk orang yang alami infeksi mata. Keadaan kesehatan mata betul-betul mesti di ketahui terlebih dulu saat sebelum mengambil keputusan memakai lensa kontak.
Jagalah kebersihan tangan. Waktu bakal memakai serta melepas lensa kontak, yakinkan tangan betul-betul dalam keadaan bersih hingga tak ada kuman yang terbawa.
Janganlah membersihkan lensa kontak dengan air Kran. Bersihkan lensa kontak dengan cairan spesial.
Terlepas kontak lensa waktu tidur. Bila tak, jadi mata bakal kekurangan oksigen hingga bakal gampang radang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar